Corporate Social Responsibility (CSR) dan Reputasi Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Rokok di Indonesia

Penulis

  • Valencia Jovita Gunawan Universitas Surabaya
  • Dianne Frisko Koan Universitas Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.71188/ijaa.v2i2.134

Abstrak

Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) oleh perusahaan diyakini sebagai bentuk komitmen perusahaan merespon kepentingan stakeholder dalam turut menjaga kondisi lingkungan hidup, mengatasi permasalahan sosial masyarakat dan turut meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui lebih dalam terkait penerapan CSR di salah satu perusahaan pada sektor industri rokok–kerap dikategorikan sebagai industri kontroversial dalam konteks CSR. Penelitian ini menggali informasi tentang motif penerapan CSR, pertimbangan manajemen dalam penetapan program CSR, hingga dampak yang timbul dari penerapan CSR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan perusahaan PT Perlinro sebagai bahan utama studi kasus. Studi ini menggunakan metode wawancara dengan narasumber dari pihak perusahaan dan dari pihak stakeholder berjumlah tujuh orang, disertai dengan observasi lapangan di perusahaan dan salah satu area aktifitas penerapan program CSR. Temuan penelitian ini mengungkapkan faktor utama penerapan CSR PT Perlinro adalah untuk mendapatkan pandangan positif dari masyarakat sekitar area operasi perusahaan dengan mentaati aturan yang berlaku. Dampak signifikan yang diterima Perusahaan dari penerapan CSR adalah nama baik dan reputasi positif melalui penerimaan masyarakat dan pemerintah lokal untuk turut menjaga nama baik PT Perlinro yang membantu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Kata Kunci:

CSR, Reputasi Perusahaan, Risiko Reputasi, Industri Rokok

Diterbitkan

15-07-2025