Gender Diversity Terhadap Creative Accounting dengan Komite Audit Sebagai Variabel Moderasi

Bukti Empiris dari Perusahaan Manufaktur Indonesia Periode 2019 – 2022

Penulis

  • Riyan Hidayat Fakultas Pascasarjana, Universitas Riau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan dan gender diversity terhadap creative accounting dengan komite audit sebagai variabel moderasi. Analisis data penelitian ini dilakukan menggunakan analisa Warp PLS. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022 dengan pengambilan sampel secara purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu, dimana sampel penelitian sebanyak 120 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gender diversity dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap creative accounting dan komite audit mampu memediasi pengaruh variabel gender diversity dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap creative accounting.

Kata Kunci:

Creative Accounting, Gender Diversity, Ukuran Perusahaan, Komite Audit

Diterbitkan

16-01-2024

Terbitan

Bagian

Artikel